Responsive Banner design
Home » » Cara Mencegah Osteoporosis

Cara Mencegah Osteoporosis

carasofar.blogspot.com - Cara mencegah osteoporosis, osteoporosis adalah pengeroposan tulang, osteoporosis tidak pandang usia, usia muda bisa terserang osteoporosis jika dalam kehidupan sehari-hari melakukan aktivitas yang menyebabkan osteoporosis, salah satu contoh aktivitas yang menyebabkan osteoporosis adalah meroko.
osteoporosis

Tips Mencegah Osteoporosis

1. Mengkonsumsi Kalsium dan Vitamin D
Mengkonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan tubuh. anda juga bisa mengkonsumsi suplemen bila di perlukan. Selain itu, lakukan latihan fisik secara teratur. Sebaiknya latihan fisik yang dillakukan adalah yang bersifat menahan beban dan memperkuat otot untuk meningkatkan ketangkasan, kekuatan, poster tubuh, keseimbangan, menurunkan risiko dan patah tulang.
2. Memperbaiki Gaya Hidup
Anda harus memperbaiki gaya hidup, jangn mengkonsumsi yang haram, kurangi kafein, apalagi rokok. Zat nikotin dalam roko mempercepat proses penyerapan tulang. Khusus untuk wanita, nikotin bisa menurunkan aktivitas estrogen dalam tubuh sehingga susunan sel tulan tidak lagi kuat dalam menghadapi proses pelapukan.
Selain itu, kafein dan alkohol juga bersifat toksin yang menghambat proses pembentukan massa tulang (osteoblas).  Diperlukan deteksi dini pada beberapa orang yang memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis. Lakukan pemeriksaan densitas massa tulang (bone mass density) bagi wanita yang berusia lebih dari 65 tahun, pria usia lebih dari  70 tahun tanpa resiko, dan pada wanita pascamenopause diatas 50-69 tahun dengan faktor risiko yang nyata. Pemeriksaan ini bisa dilakukan paling tidak setip 2 tahun sekali.
Jika ada gejala atau di ketahui berisiko tinggi terkena osteoporosis, lakukan perawatan sejak dini. Ini penting untuk mencegah hal yang lebih buruk lagi pada tulang. Caranya,
3. Pertahankan Konsumsi Protein
Pertahankan konsumsi protein dalam jumlah cukup, menggunakan penyangga tubuh yang sesuai, penggunaan pelindung panggul bagi seseorang dengan risiko terjatuh yang tinggi. Selain itu, buat lingkungan rumah seaman mungkin bagi penderita, misalnya dengan menyediakan pegangan pada tangga. Latihan keseimbangan juga diperlukan dan mengontrol konsumsi obat-obatan yang bisa menekan susunan saraf pusat.
Demikianlah cara mengatasi ostoporosis telah dipaparkan, kurang lebihnya mohon maaf, saya ucapakan terimakasih sudah membaca artikel ini. silakan baca artikel lain si sitemap.
Baca juga artikel : Manfaat Vitamin A

0 comments:

Post a Comment

silakan berkomentar dengan baik

sofarudin. Powered by Blogger.